Pages

Kamis, 16 April 2015

Ketika Si Kecil Tampil Centil


Melihat si kecil berdandan dan bertingkah seperti orang dewasa memang menggemaskan. Tapi, jangan biarkan mereka menjadi dewasa sebelum waktunya.





Usia Thalita baru masuk empat tahun. Tapi untuk urusan berdandan, murid di sebuah taman bermain ini sangat cekatan. Dia bahkan dapat membedakan mana kuas untuk memulas mata dan mana yang untuk bibir. Kebiasaannya memperhatikan ibunya berdandan, membuat Thalita jadi sangat suka bereksperimen dengan perlengkapan make up sang Bunda.
        
Bukan hanya itu, Thalita juga sangat suka memakai sepatu dan aksesoris milik ibunya lalu bergaya di depan cermin seperti artis idolanya, Beyonce.
     



Apa yang dilakukan Thalita tersebut memang umumnya sering dilakukan oleh anak-anak balita dengan  kadar yang berbeda. Pada usia 5 hingga 12 tahun, anak memiliki daya kreatifitas dan imajinasi yang unik. Meski hal tersebut masih dalam batas yang wajar, orang tua tetap harus mengawasi dan memberi arahan atas keingintahuan mereka yang besar dan terkadang di luar perkiraan. Masa menjelang remaja seperti ini memang membutuhkan perhatian besar dari para orang tua.

Ketika melihat sesuatu, anak memiliki beragam ide dan khayalan. Ayah dan Bunda merupakan sosok pertama yang akan menjadi acuan anak dalam menginterpretasikan khayalan mereka tersebut. Saat anak perempuan melihat  ibunya  berdandan, dia pun meniru dan menganggap bahwa kedewasaan identik dengan berdandan. Demikian pula halnya dengan anak laki-laki yang menganggap bahwa kedewasaan itu identik dengan merokok.

Sebagian besar anak-anak terobesi menjadi orang dewasa. Mereka menganggap dunia orang dewasa adalah dunia yang jauh menyenangkan karena bisa melakukan apa saja, termasuk berdandan. Penting sekali  memberi pemahaman kepada anak bahwa mereka pun kelak akan menjadi dewasa dan menghadapi kenyataan yang sebenarnya tidak seindah bayangan mereka.


Do’s  And Don’t’s

Memiliki anak dengan curiosity yang tinggi, dituntut kepekaan yang tinggi pula. Jangan pernah melarang aktivitas anak dengan menggunakan kata-kata yang kasar. Kepada si kecil yang suka berdandan, Anda dapat mengunduh permainan belajar dandan dan memainkannya bersama-sama.
        Pengalihan lainnya juga dapat dilakukan dengan mengajarkan anak berbusana yang rapi, merawat kuku tangan dan kaki mereka serta mandi yang benar sebagai bagian yang tidak kalah pentingnya dari berdandan. Tapi  Anda juga tidak perlu merasa panik jika melihat si kecil tampil centil dengan memakai barang-barang milik Anda, sejauh apa yang dia pakai tidak membahayakan dirinya.

1. High Heels
Banyak orang yang mengecam Katie Holmes, ketika foto Suri Cruise yang mengenakan sepatu berhak tinggi beredar di dunia maya. Tak ubahnya orang dewasa, gadis kecil paling stylish di dunia ini bahkan memiliki stylist pribadi, namun tindakan ibunya membiarkan Suri memakai high heels tetap dianggap berlebihan. Jika anak Anda ingin memakai sepatu berhak tinggi milik Anda, jelaskan bahwa dia bisa terjatuh dan terluka. Sebaiknya simpan sepatu berhak tinggi milik Anda di tempat yang tidak terjangkau olehnya. 


2. Lipstick

Benda yang satu memang selalu mengundang penasaran si kecil yang centil. Untuk mengurangi rasa penasarannya, biarkan dia memoles bibirnya itu dengan lipstick yang aman untuk anak-anak. Segera hapus begitu rasa penasarannya hilang. Sekali lagi, tetaplah simpan perlengkapan make up Anda di tempat yang sulit dijangkau oleh anak.


3. Baju
Jangan pernah membiarkan anak Anda menjadi orang dewasa mini dengan memilihkan baju yang tidak sesuai dengan usianya. Pisahkanlah baju untuk bermain dan berpergian dan ajari anak untuk menata sendiri lemari pakaiannya.


Hal terpenting bagi orang tua yang memiliki anak yang suka berdandan adalah memberikan pemahaman bahwa esensi dari berdandan itu adalah bersih dan rapi. Ajari anak sejak kecil bagaimana menjaga dan merawat tubuhnya. Sediakan waktu untuk membersihkan kuku bersama dan membersihkan telinga serta merapikan rambutnya yang berantakan. (*)


foto : pribadi dan google image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar