Pages

Minggu, 26 April 2015

Great Celebrations: Tradisi Unik Merayakan Ulang Tahun Di Berbagai Negara

Tidak semua hari itu istimewa, tapi semua hari pasti punya cerita tersendiri, salah satunya hari dimana usia kita bertambah. 
Momen bertambahnya usia memang memberi makna tersendiri bagi siapa saja. Makanya, wajar jika sebagian masyarakat di dunia selalu mengisi hari istimewanya tersebut dengan acara yang spesial.  Uniknya, setiap negara di berbagai belahan dunia, punya bentuk perayaan ulang tahun yang  berbeda. Berikut ini beragam keunikan yang tersaji dalam perayaan ulang tahun di berbagai negara, check it out!
Mesir


Ketika  seorang anak di Mesir berusia setahun, keluarganya akan membuat pesta meriah yang  dipenuhi dengan nyanyian serta tarian.  Pesta perayaan juga dihiasi  dengan berbagai macam jenis bunga dan buah sebagai simbol kehidupan dan perkembangan. Keluarga berharap tumbuh kembang buah hati mereka akan berjalan baik dan senantiasa dijauhkan dari sakit.
India
Perayaan ulang tahun di India,  ditandai dengan cukur rambut karena mencukur rambut dipercaya dapat menjauhkan orang yang berulang tahun dari roh-roh jahat yang berasal dari masa lalu.  Mencukur rambut juga menyimbolkan lahirnya jiwa yang baru. Anak yang berulangtahun akan memakai baju berwarna-warni ke sekolah dan membagikan coklat kepada semua teman sekelasnya.
Inggris

Bagi orang Inggris, kue ulang tahun bukan sekedar makanan yang harus ada saat merayakan ulang tahun. Maknanya, bisa lebih daripada itu. Berdasarkan kepercayaan yang sudah berlangsung lama di Inggris, wajib hukumnya menaruh benda-benda seperti koin dan sarung jari yang dipakai untuk menjahit ke dalam adonan kue.
Penduduk Inggris percaya bahwa jika tamu yang mendapatkan potongan kue berisi koin, maka hidupnya akan makmur. Sementara, yang mendapatkan sarung jari, bakal kesulitan mendapat jodoh.
Kini penduduk Inggris mengganti benda-benda itu sesuatu yang bisa dimakan seperti coklat koin dan permen.
Amerika Serikat
Kemeriahan pesta ulang tahun di Amerika Serikat tidak akan ada artinya tanpa tradisi ini, yaitu... smash-cake! Sesuai  namanya, maka orang yang berulang tahun akan mendapat kue tambahan yang harus dihancurkan atau dibuat berantakan. Meski tradisi ini hanya untuk pesta ulang tahun anak-anak, tapi para remaja bahkan orang dewasa juga banyak yang merayakan ulang tahunnya dengan ritual yang seru ini.
Karibia
Di Kepulauan Karibia, terutama Jamaika, ada tradisi perayaan ulang tahun yang tak kalah uniknya. Keluarga dan teman-teman yang hadir di pesta ulang tahun akan melempari wajah orang yang berulang tahun dengan tepung sehingga menjadi putih. Meski wajahnya bertabur tepung, tapi acara itu sangat membahagiakan hati yang sedang bertambah usia.
Hungaria

Acara ulang tahun unik lainnya terdapat di Hungaria dengan tradisi jewer telinganya. Orang yang berulang tahun harus memasrahkan telinganya untuk dijewer oleh anggota keluarga atau sahabatnya yang hadir dalam pesta. Ritual ini  dilakukan setelah orang yang berulang tahun membuka kado dengan tujuan untuk  memohon berkah umur panjang dan kebahagiaan.
Setelah menjewer, semua hadirin akan menyanyikan lagu yang kalau  diterjemahkan berarti seperti ini:
“Tuhan memberkatimu, hidup begitu lama, sehingga telingamu mencapai pergelangan kaki!”
Jerman

Tradisi lebih unik terdapat di  Jerman. Apabila seorang lelaki sudah mencapai umur 30 tahun dan belum mempunyai pacar , dia harus menyapu tangga di Balai Kota. Apabila tangga sudah bersih, teman-teman yang menghadiri pesta akan melempar sampah-sampah, sehingga tangga kembali kotor dan orang yang berulang tahun harus kembali menyapunya sampai bersih.Acara ini belum berhenti, sebelum ada seorang perempuan  yang memberi ciuman untuk lelaki yang berulang tahun. Meski ada perempuan yang menghampiri dan mencium lelaki yang berulang tahun , belum tentu si perempuan mau jadi pacarnya. Ini sekadar cara untuk menghentikan agar si pria tidak terus-menerus menyapu.
Skotlandia
Perayaan ulang tahun di Skotlandia biasa dilakukan dengan cara memberi tepukan lembut di bagian punggung orang yang ulang tahun. Namun bukan sembarang tepukan. Karena ketika  menepuk punggung orang yang berulang tahun, keluarga atau temannya akan menempelkan secarik kertas berisi catatan mengenai harapan bagi orang yang berulang tahun.
Kanada
Hidung anak perempuan yang berulangtahun di Kanada akan diolesi mentega supaya terhindar dari ketidakberuntungan. Orang Kanada percaya sifat mentega yang licin akan menghindarkan anak dari nasib sial dalam kehidupannya.
Meski terkesan tidak  masuk akal, tapi sampai sekarang sebagian masyarakat Kanada masih melestarikan tradisi ini dalam merayakan ulang tahun anak perempuannya.
Venezuela













Perayaan ulang tahun di Venezeula sangat identik dengan kue dan lilin. Kue dihiasi sedemikian rupa sehingga terlihat cantik dan  dilengkapi dengan sejumlah lilin sesuai dengan umur orang tersebut.
Lilin melambangkan permohonan kepada Tuhan atas umur yang baru. Sebelum lilin itu ditiup, orang yang berulang tahun harus membuat permohonan di dalam hati.  Konon, apabila lilin dapat padam dalam sekali tiup, permohonannya akan terkabul.
Nah, dari sinilah dapat diketahui ternyata acara tiup lilin dalam ulang tahun bersumber dari tradisi di Venezuela, dan kemungkinan juga terjadi dalam masyarakat Amerika Latin pada umumnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar